Berhasil Beri Layanan Kesehatan Secara Maksimal, Komisi IX DPR RI Kunjungi Kukar

Berhasil Beri Layanan Kesehatan Secara Maksimal, Komisi IX DPR RI Kunjungi Kukar

Bupati Kukar Rita Widyasari Memberikan Cindra MataBupati Kukar Rita Widyasari Memberikan Cindra Mata
Photo: ist


KutaiRaya.com - 03/11/2016 18:32 WITA
Komisi IX DPR RI, Rabu (2/11/2016) melakukan kunjungan ke RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang.

Rombongan wakil rakyat yang dipimpin Ermalena, diterima Bupati Rita Widyasrai, Dirut RSUD AM Parikesit dan sejumlah pejabat Kukar lainnya.
Kunjungan yang dilakukan para Anggota DPR RI tersebut, tak lepas dari keberhasilan Kukar dalam proses pelayanan kesehatan ke masyarakat yang begitu membanggakan. Bahkan di Tenggarong telah memiliki Puskesmas Modern sebagai inovasi baru yang memungkinkan pelayanan kesehatan terintegrasi karena telah berprogram online yang juga mempermudah registrasi atau administrasi pasien.

Komisi IX DPR RI mengapresiasi atas pelayanan yang diberikan RSUD AM Parikesit kepada masyarakat secara maksimal.

"Rumah Sakit (RS) ini menjadi cita-cita negara untuk pemberian hak yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia terhadap pelayanan kesehatan.Kita berharap bahwa tidak adanya pengkotak-kotakan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. " kata Ermalena.

Mengenai pendistribusian tim pelayan kesehatan, juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh Kementerian Kesehatan yang perwakilannya juga turut serta hadir dalam kunjungan komisi IX DP RRI ke Tenggarong.

"Belum meratanya penempatan pelayan kesehatanlah yang menjadi masalah bukan kurangnya pelayan kesehatan (Dokter,perawat,bidan dll) yang direkrut. Inilah yang masih ditelaah bersama demi mencari pemecahan. " paparnya.

Saat ini komisi 9 mendorong bagai mana pusat pelayan primer dalam hal ini puskesmas memperoleh prioritas dalam hal pelayan kesehatan untuk menekan rujukan ke RS. Anggaran pemerintah untuk kesehatan telah meningkat 5% dari tahun 2015 sesuai undang-undang,ini sebagai apresiasi pemerintah bahwa kesehatan adalah hal yang perlu prioritas.

Sementara Bupati Kutai Kartanegara Hj. Rita Widiasari mengaku cukup bangga, bahwa Kukar menjadi contoh baik dalam pengelolaan pusat pelayanan masyarakat. Bagaimana tidak menurut perawakilan komisi IX DPR RI pusat pelayanan di Kutai Kartanegara telah memenuhi standart ketentuan yang berlaku,seperti yang direalisasikan oleh RSUD AM.Parikesit.

"Yang terupdate saat ini RSUD AM.Parikesit dan Puskesmas modern di Kutai Kartanegara yang menyuguhkan program online,program ini memungkinkan pasien regstrasi atau mendaftar secara online. Program ini bertujuan mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Sistem ini juga telah berkelas Internasional. " ungkap Rita Widyasari.

Disampaikan pula mengenai RS Tanpa kelas yang sedang dilanjutkan di RS Gerbangku Raja Kecamatan Kota Bangun ini kelak akan memberikan pelayanan yang merata bagi semua pasien tanpa mengkotak-kotakkan golongan pasien. Meskipun berstandart tanpa keles tetapi RS ini akan melayani semua pasien berstandart kelas 1 secara merata dan menyeluruh. Sesuai nama "Gerbangku Raja" maka pelayanannya menyetarakan semua pasien sebagai raja yang patut memperoleh pelayanan istimewa.

"Tidak lagi ada ruang VIV atau VVIV dan sebagainya,semua sama"katanya. Kelak RS Gerbangku Raja juga akan dilengkapi dengan rumah singgah yang memungkinkan anggota keluarga pasien yang jauh bisa istirahat." Ujarnya.

Dengan kunjungan komisi IX DPRRI ini juga diharapkan akan menyampaikan apa saja yang masih menajdi kendala bagi sistem pelayanan seperti masih belum meratanya pelayan masyarakat yang tentunya masih sangat diperlukan. Yang menjadi harapan pula yakni kebijakan memindah pelayan masyarakat seperti dokter,bidan maupun perawat hendaknya menjadi wewenang pemerintah daerah.

"Dilema yang dihadapkan dengan semakin cerdas dan pekanya masyarakat terhadap kinerja pelayan kesehatan. Misalnya saja ada pelayan kesehatan yang melayani dirasa pasien kurang optimal /mumpuni serta tidak sesuai prosedur pelayanan tapi tidak bisa dipindah/diganti "katanya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved