Yayasan Kudungga Kukar Buka Program Pendidikan Jarak Jauh Gelombang 2

Yayasan Kudungga Kukar Buka Program Pendidikan Jarak Jauh Gelombang 2

Rombongan UPBJJ-UT Samarinda Kalimantan Timur Bersama ParaRombongan UPBJJ-UT Samarinda Kalimantan Timur Bersama Para
Photo: ist


KutaiRaya.com - 02/11/2016 21:13 WITA
Yayasan Kudungga bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) sejak tahun 2004 lalu melaksanakan program pendidikan jarak jauh dengan metode tutorial atau tatap muka antara dosen dan mahasiswa.

Hal ini disampaikan H. Sutopo Gasip,S.Pd,.M.Pd selaku Pembina Yayasan Kudungga. Yayasan Kudungga ini sendiri telah meluluskan ratusan mahasiswa yang berlatar belakang PNS maupun Honorer yang umumnya berprofesi sebagai guru di 18 Kecamatan di kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Adapun program pendidikan di Yayasan Kudungga yang berkerja sama dengan Universitas Terbuka ini ialah Diploma, Sarjana, Magister dan Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) yang terakreditasi B. Bukan hanya untuk pendidikan keguruan tapi juga dilengkapi dengan fakultas lain yang setara universitas negeri di Indonesia.

"Dengan status akrditasi B diharapkan tidak menimbulkan sedikitpun keraguan atau kekhawatiran untuk mahasiswa/PNS yang akan bergabung untuk melanjutkan pendidikan di Yayasan Kudungga ini karena program yang disusguhkan telah memenuhi standart,"katanya.

Ada 5 Program S2 yang ditawarkan oelh Universitas Terbuka melalui Yayasan Kudungga yakni Minat Administrasi Publik (MAP), Manajemen, Manajemen Ilmu Kelauatan, Pendidikan Matematika dan bagi guru-duru SD yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi juga telah tersedia pendidikan S2/Pasca Sarjana untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Di Yayasan Kudungga.

Untuk Program S2 PGSD ini sendiri telah dibuka pendaftaran Gelombang ke 2 tanggal 20 oktober 2016 - 23 November 2016 yang bertempat di sekretariat Yayasan Kudungga Jln. Mangkuraja. Semua Program S2 ini telah berstatus Akreditasi "B".

Adapun pendidiknya sendiri ada 6 Dosen/Tutor yang telah begelar "Doktor" ini merupakan sayarat mutlak mengajar pendidikan Pasca Sarjana.

Dan dosen-dosen ini juga telah mengantongi sertifikat tutorial berstandart ISO yang pelatihannya telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Tidak lagi perlu disangsikan mengenai tenaga pengajar karena memang telah tersertifikasi dan memenuhi standar mutu. Selain itu 80 % pengajar UT yang berkerja sama dengan Yayasan Kudungga in telah berpendidikan S2.

Diharapkan dengan hadirnya Yayasan Kudungga yang berkerja sama dengan UT ini bisa mengapresisiasi pendidikan lebih maju khususnya di Kutai Kartanegara yang memenuhi standart baku yakni akreditasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Selaku Kepala UPBJJ-UT Samarinda Kalimantan Timur Dr. Meita Estianda juga menutur kan mengenai harapan terjalinnya kerja sama yayasan Kudungga dengan Universitas Terbuka kelak akan meningkatklan mahasiswa dan menghidupkan kegiatan kemahasiswaan yang beraktifitas dan berkreasi. Mengenai program S2 yang juga telah dibahas sebelumnya.

Dan semoga animo masyarakat untuk meningkatkan pendidikan bisa diakomodir oleh dengan kerja sama yayasan Kudungga dengan UT yang juga kelak akan di tunjang dengan beasiswa prestasi tentunya.

"Tidak sedikit kesempatan untuk mahasiwa cerdas yang ingin meneruskan S2 terbentur dengan biaya,sehingga kami mengoptimalkan pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi" tuturnya.

Program S1 nya pun telah memperoleh predikat akreditasi A seperti program pendidikan Dr. Suswanto,M.Pd selaku Dosen/Tutor program S2 juga menyampaikan mengenai program S2 bagi guru Sekolah Dasar (SD) bermetode tutorial yang didampingi oleh fasilitator serta motivator dalam hal ini dosen-dosen yang berkompeten. Dalam pendidikan S2 PGSD ini sendiri mahasiswa akan memperoleh keberhasilan dengan metode mandiri yang tentunya berpatokan pada usaha dan kesungguhan dalam mempelajari modul. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved