Perlu Bangun Mental dan Spiriitual Generasi Muda

Perlu Bangun Mental dan Spiriitual Generasi Muda

Ketua DPRD Kukar Salehudin nampak akrab dengan Junaidi Ketua KNPI Kukar usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016Ketua DPRD Kukar Salehudin nampak akrab dengan Junaidi Ketua KNPI Kukar usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2016
Photo: ist


KutaiRaya.com - 31/10/2016 10:18 WITA
28 Oktober 2016, Pemuda Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda menjadi momen penting untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh, seberapa jauh kiprah pemuda untuk membangun bangsa ini.

"Kalau kita bercermin pada 28 Oktober 1928, merupakan hari yang bersejarah. Sebab kalau tidak terjadi 28 Oktober 1928 tersebut, maka tidak akan pula terjadi proses kemerdekaan bangsa ini pada 17 Agustus 1945, lahirnya bangsa ini tak luput dari peran dan perjuangan para pemuda." Kata Junaidi Ketua KNPI Kukar usai melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Biru, Jumat (28/10/2016) lalu.

Sumpah Pemuda menjadi penyatuan seluruh pemuda di Indonesia, sehingga tidak ada nama pemuda Jawa, Bugis, Banjar, Kutai, akan tetapi semuanya menjadi satu pemuda Indonesia.

Jika berbicara kiprah pemuda sekarang ini, kata Junaidi, pemuda harus dibangun mentalitas dan spiritualitasnya, sehingga kebebasannya tidak disalahgunakan dengan hal hal yang tidak menguntungkan, seperti ngelem, konsumsi sabu sabu, menjadi pengangguran, dan lain nya.

"Selama ini apakah pemerintah sudah melakukan hal itu, membangun mentalitas dan spiritual pemuda, dengan memberikan perhatian dan dukungan untuk pengembangan ketrampilan pemuda," kata Junaidi.

Jika hal tersebut belum dilakukan, maka jangan heran banyak pemuda menyalahgunakan kebebasannya untuk hal yang negative. Maka yang perlu dilakukan adalah pembinaan kepemudaan dalam peningkatan skil atau ketrampilan.

"Kalau berbicara pengembangan kepemudaan di Kukar, saya yakin melalui kepemimpinan Ibu Rita Bupati Kukar, beliau akan konsen terhadap pembangunan kepemudaan, bukti dari perhatian beliau mendukung pemuda Kukar adalah dibangunnya graha pemuda di seluruh DPK KNPI se Kukar dan ini satu satunya di Indonesia," kata Junadi.

Tinggal program Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar, untuk meningkatkan kreatifitas pemuda, pengetahuan dan peningkatan skil, dengan demikian diyakini pemuda Kukar akan lebih maju dan menjadi contah bagi pemuda di daerah lain di Indonesia.

"Pengembangan pemuda di Kukar bukan hanya tanggungjawab KNPI,namun semua elemen yang ada, mulai dari pemimpin daerah ini sampai level tingkat RT, kalau semua berjalan saya yakin pemuda Kukar akan maju dan berkembang dengan kemampuan ketrampilan," katanya.

Sementara pada kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan tersebut, selain dihadiri pengurus DPD KNPI Kukar, juga turut hadir Pasi Log Kodim 0906 Tenggarong Atmaja dan Posi Pers Mashuri Bakri, serta dari Dinas Sosial Kutai Kartanegara. (boy)


Ketua KNPI Kukar foto bersama perwakilan Kodim 0906 Tenggarong dan anggota FKPPI, usai ziarah di Taman Makam Pahlawan Bukit Biru.
Photo: ist

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved