• Jum'at, 18 September 2020
logo
Pasang Iklan

Program social untuk mengentaskan angka kemiskinan di Kabupaten Kutai Kartanegara melalui program Rehabilitasi Rumah Tak Layak Huni (RTHL) atau yang biasa disebut dengan program bedah rumah berjalan sukses. Program bedah rumah yang dimulai tahun anggaran 2012 dan dan berakhir di 2015 ini, mencapai 2.480 unit rumah warga yang berhasil di rehap total.

Kepala Dinas Sosial Kukar Didi Ramyadi melalui Pejabat Pelakna Teknis Kegiatan RTHL Kukar Gamal Abdul Aziz menjelaskan, di tahun program itu berjalan terdapat 100 rumah warga miskin yang dibedah, selanjutnya di 2013 ada sebanyak 1000 unit rumah.

"Ditahun itu Kukar berhasil mendapat rekor Muri, karena dianggap melakukan program bedah rumah terbanyak di Indonesia,"kata Aziz.

Untuk 2014 jumlahnya meningkatkan menjadi 1200 unit, hanya saja ditahun itu rekor muri tak berhasil diraih karena jumlahnya kalah dengan Kabupaten Panajam Paser Utara yang mencapai angka diatas 2000 unit rumah.

"Sementara untuk di 2015 ini direncanakan ada sekitar 180 unit rumah warga miskin yang akan mendapat program bedah rumah," kata Aziz.

Aziz mengatakan pada proses pelaksanaan program ini tidak ada hambatan yang berarti. Rumah warga yang masuk dalam program ini merupakan rumah warga miskin yang kondisinya memang betul betul tak layak huni.

"Tim verifikasi melibatkan semua unsur yang terkait, seperti dari Bappeda, Dinas Cipta Karta, Dinas Catatan Sipil, Kecamatan dan Kelurahan kemudian juga dibantu dari Kodim 0906 Tenggarong,"kata Aziz.

Dari program tersebut antusias masyarakat sangat luar biasa, dan sangat berharap agar program bedah rumah bisa terus dilanjutkan. (boy)

Pasang Iklan Disini
Top