Selamat Ulang Tahun Sultan HAM Salehuddin II ke 94

Selamat Ulang Tahun Sultan HAM Salehuddin II ke 94

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Drs Edi Damansyah Foto BersamaWakil Bupati Kutai Kartanegara Drs Edi Damansyah Foto Bersama
Photo: ist


KutaiRaya.com - 26/10/2016 00:55 WITA
Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mangadakan "Kaseh Selamat" (Ulang Tahun) Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mangadakan Haji Adji Mohammad Salehuddin II yang ke 94 di Kedaton Kutai, Senin (24/10/2016).

Acara tersebut berlangsung sederhana namun terkesan meriah dan di hadiri Oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah,.M.Si, Sekretaris Daerah H. Marli, Kapolsek, Dandim serta para Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Diana/Instansi serta Tokoh Masyarakat dan Kerabat kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Ucapan selamat dari Pemerintah Kutai Kartanegara yang di wakili oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, "Kaseh Selamat" (Ulang Tahun) yang ke 94 untuk ayahanda Sultan Adji Mohamad Salehuddin II semoga selalu diberi kesehatan lahir dan batin sehingga tetap bisa melakukan aktifitas secara khusus memberikan nasehat, saran dan masukan kepada jajaran pemerintah kabupaten Kukar dan masyarakat.

"Pemkab Kukar dalam rangka mempertahankan budaya, adat istiadat Kutai tidak bisa sendiri, peran ayahanda Sultan beserta kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura sangat besar. Sehingga budaya, adat istiadat bisa kita pertahankan dan di lestarikan, kami dari pemerintah kabupaten kutai kartanegara tetap berkomitmen bagaimana pengembangan budaya dan terus menjaga adat istiadat khusunya Kutai bisa terus terpelihara dan di tingkatkan," papar Edi.

Menurut Edi, adat dan budaya merupakan salah satu aset negara dan aset Pemkab Kukar, melalui Satuan kerja Perangkat Daerah ( SKPD) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus melakukan evaluasi dengan keberhasilan yang sudah di capai .

"Pasti ada kelemahanya untuk memperbaiki bagaimana kualitas ini bisa meningkat terus setiap tahun pemerintah berharan bimbingan dan araha dari ayahda Sultan dan keraban kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, sinergisitas ini perlu dilakukan secara bersama-sama sehingga kedepan khusunya pelaksanaan erau bisa lebih baik kualitasnya terus meningkat." Katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni mengatakan bahwa pada 2016 melalui Kementerian Pariwisata, telah meluncurkan program yang baru untuk mengenjot kunjungan wisatawan juga untuk mengenjot budaya pariwisata di daerah dengan meluncurkan program Anugrah Pesona Indonesia pada 2016.

Program itu merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan dilingkungan kementerian pariwisata, untuk melaksanakan progran Anugran Pesona Indonesia 2016 kementerian pariwisata menggandeng media online yang berjudul ayojalan-jalan.com untuk menyeleksi menghimpun festival budaya di Tanah Air, dengan kerja sama ini pihak panitian dalam hal ini ayojalan-jalan.com kemudian melaksanakan seleksi dan menghimpun semua festival budaya dan destinasi pariwisata.

Melalui kegiatan Erau, Kutai Kartanegara dinobatkan sebagai Festival Budaya Terpopuler di tanah air. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved