Dukung Peningkatan SDM, UT Kukar Segera Buka Program S2

Dukung Peningkatan SDM, UT Kukar Segera Buka Program S2

Sutopo Gasip
Sutopo Gasip
Photo: ist

KutaiRaya.com - 24/10/2016 07:34 WITA
Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT (Universitas Terbuka) mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka.

Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang menginginkan untuk mengikuti sistem pendidikan tinggi dengan metode jarak jauh.

Dalam era globalisasi, sistem belajar terbuka dan jarak jauh merupakan sistem belajar yang efektif, fleksibel, dan menguntungkan. Belajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Bahan ajar cetak (modul) merupakan bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri tanpa bantuan tutor.

Modul-modul yang ada juga telah dilengkapi dengan bahan ajar non-cetak seperti kaset audio video, CD, siaran radio dan televisi, serta bahan ajar berbasis komputer dan internet (CAI dan Web-Supplement).

UT menjamin bahan ajar dan bahan ujian yang berkualitas. Bahan ajar dan bahan ujian UT dikembangkan oleh para penulis yang ahli dalam bidangnya yang merupakan dosen-dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Kualitas bahan ajar UT telah dikenal oleh masyarakat luas dan terbukti banyak digunakan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Di Kutai Kartanegara sendiri, keberadaan Universitas Terbuka (UT) ini makin menggeliat.

Sudah ratusan mahasiswa mengikuti program ini. Dengan bekerjasama dengan Yayasan Kudungga yang didirikan Sutopo Gasif, program UT di Kukar makin eksis.

"Kami akan segera melakukan terobosan inovatif dengan membuka program S2 PGSD dan 5 orang doktor Manajemen Pendidikan sudah bergabung," jelas Sutopo Gasif, Koordinator UT Pokjar UPBJJ Tenggarong.

Yang berminat untuk bergabung dengan program ini dapat menghubungi Yayasan Kudungga, Jl. Mangkuraja Tenggarong.

"Kami siap berkolaborasi dengan program ini demi kemajuan pendidikan di Kukar," ucap Saiful Aduar, salah seorang tutor UT di Kukar yang telah bergelar doktor. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved