Griya Rita Didatangi Puluhan Siswa TK Bhayangkari Tenggarong

Griya Rita Didatangi Puluhan Siswa TK Bhayangkari Tenggarong

Salah Satu Peserta Didik TK Kemala Bhayangkari Tenggarong saat memotongSalah Satu Peserta Didik TK Kemala Bhayangkari Tenggarong saat memotong
Photo: ist


KutaiRaya.com - 20/10/2016 20:22 WITA
Belum lama ini TK Kemala Bhayangkari Tenggarong melakukan kunjungan ke Griya Rita, kunjungan dilakukan guna mengenalkan pada peserta didiknya bagaimana proses pembuatan pakaian,.

Hermawanti Puspitasari,S.Pd selaku Kepala TK Kemala Bhayangkari Tenggarong menjelaskaan dalam kunjungan itu bertujuan mengenalkan kepada anak-anak bagaimana proses panjang pembuatan pakaian.

Didalam tema "Aku dan kehidupanku" diharapkan anak-anak memahami tahapan dan proses apa saja yang harus dilalui dalam segala hal termasuk pakaian,

"Sebelum melakukan kunjungan ini di sekolah telah dikenalkan dengan berbagai informasi mengenai pakaian seperti pakaian modern, pakaian daerah serta membedakan yang mana pakaian yang memeng benar-benar dibutuhkan dan yang mana yang hanya sebagai penunjang penampilan,"katanya.

Menurut Ita, sebanyak 51 peserta didik TK Kemala Bhayangkari Tenggarong diajak berkunjung ke Griya Rita yang didiampingi 10 pendidik guna menyaksikan langsung semua proses kerena lembaga Griya Rita ini merupakan penghasil produk pakaian yang dijahit sendiri.

"Di Griya Rita anak-anak melihat langsung dari proses pemilihan bahan, pembuatan atau penjahitan pakaian hingga proses pengemasan sebelum di pasarkan,"ujarnya.

Dengan melaksanakan kegiatan ini diharapkan pesaerta didik menjadi lebih kreatif dan lebih terbuka, serta menghargai adanya proses dan tahapan dalam melakukan sesuatu dan menambah pengalaman anak dalam hal melakukan proses tersebut, seperti mebuat pola pakaian,menggunting dan melihat proses menjahit. Diharapkan pula melalui kegiatan ini bisa menggali minat bakat dan potensi anak kedepannya.

Di TK Kemala Bhayangkari Tenggarong rutin melakukan kegiatan semacam ini menyesuaikan dengan tema yang disampaikan disekolah guna menunjang tersampaikan pesan dan maksud dari informasi materi atau tema yang dimaksud dan tentunya telah disesuaikan dengan kurikulum.

Dari tahun ke tahun akan ada kegiatan dan kunjungan yang berbeda. Ini bertujuan dengan penyesuaian kurikulum dan menghiundari kebosanan peserta didik yang masih mengulang. Yang pernah dilakauakn selain kunjungan ke Griya Rita ini ialah kunjungan kekantor pos dan lain sebagainya.

"Kegiatan yang akan direncanakan berikutnya yakni melakukan kunjungan peserta didik ke Museum Kayu Tenggarong. Ini direncanakan guna menyampaiakn mengenai nilai sejarah yang harus dikenal peserta didik sedini mungkin."Semoga dengan mengenalkan ini anak-anak kami memahami proses dan tahapan sebelum sesuatu itu terjadi,"katanya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved