SDN 023 Tenggarong Galakan Gemar Membaca Sejak Usia Dini

SDN 023 Tenggarong Galakan Gemar Membaca Sejak Usia Dini

Kelapa SDN 023 Tenggarong Syaiful,S.Pd
Kelapa SDN 023 Tenggarong Syaiful,S.Pd
Photo: ist

KutaiRaya.com - 07/10/2016 11:08 WITA
SDN 023 Tenggarong untuk menumbuhkan minat baca kepada peserta didiknya pihak sekolah membangun perpustakaan sekolah dengan dana pribadi karena menbangkitkan minat baca itu adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat, pengembangan gemar membaca melalui pendidikan formal dan non formal.

Pihak sekolah mengembangkan gemar membaca melalui penyediaan perpustakaan pendidikan dan perpustakaan umum. mengembangkan gemar membaca melalui perpustakaan sekolah sesuai dengan kepentingan masing-masing. "

"Keberadaan perpustakaan sekolah di suatu sekolah adalah sangat penting. Ibarat tubuh manusia, perpustakaan adalah organ jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, pemerintah melalui kantor perpustakaan telah rutin mendatangi sekolahan kami dengan mobil perpustakaanya setiap hari rabu pada jam 10:00 saat peserta didik lagi" paparnya Syaiful,S.Pd selaku kepala SDN 023 Tenggarong (6/10) kemaring di ruang kerjanya

Membaca adalah keterampilan dasar dalam kehidupan. Bagi anak-anak membaca menjadi kunci sukses untuk mengkiuti pendidikan di sekolah, bahkan selama hidup. Bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan merupakan kunci meraih sukses dalam kehidupan. Anak-anak yang memiliki kemampuan membaca dengan baik memiliki peluang meraih pendidikan yang lebih tinggi. Bagi masyarakat yang memiliki kemampuan membaca dengan baik memiliki peluang mendapatkan pekerjaan dan meraih sukses dalam kehidupan.

Gemar membaca merupakan kemampuan untuk memahami dan mengerti isi teks tertulis serta menerapkan dalam praktek. Membaca adalah elemen kunci dari literasi yaitu kemampuan membaca, menulis, dan menghitung. Literasi merupakan hak asasi manusia, dan merupakan jantung dari pendidikan. Literasi hanya dapat dicapai melalui proses pendidikan khususnya pada pendidikan dasar. Keberlanjutan memiliki keterampilan literasi bagi remaja dan anak dewasa diperoleh dan dikembangkan melalui proses pembelajaran di sekolah dan pendekatan seting yang lain.

perpustakaan sekolah membekali peserta didik berupa keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, memungkinkan mereka hidup sebagai warga negara yang bertanggungjawab. Syarat mutlak peserta didik untuk dapat menggunakan perpustakaan adalah mereka harus bisa membaca dan mempunyai minat baca.

Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi dan sumber belajar semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya. Demikian juga perpustakaan sekolah didirikan dengan tujuan, selain sebagai sumber informasi dan sumber belajar perpustakaan sekolah juga diharapkan bisa atau dapat digunakan sebagai sarana untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca, kegemaran membaca dan budaya baca bagi peserta didik. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved