Perempuan Kukar Perlu Tingkatkan Kapasitas Diri

Perempuan Kukar Perlu Tingkatkan Kapasitas Diri

Suria Irfani saat menyampaikan materi pada Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan.Suria Irfani saat menyampaikan materi pada Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan.
Photo: ist


KutaiRaya.com - 07/10/2016 10:53 WITA
Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan yang diselenggarakan DPD KNPI Kutai Kartanegara, 5-6 Oktober 2016, di Hotel Grand Elty Tenggarong, menghadirkan empat nara sumber.

Salah satu narasumber yang dihadirkan adalah akademisi Unikarta Suria Irfani, yang mengangkat materi tentang Pendekatan Analisis Gender dalam Bidang Politik dan Pembangunan.

Menurut pemaparan Suria Irfani, tujuan dari adanya analisi gender adalah sebagai upaya mengetahui latar belakang terjadinya kesenjangan gender, kemudian mengidentifiasi aspek kesenjangan gender (peran akses, control dan manfaat yang diperoleh,) merumuskan permasalahan atau isu gender sebagai akibat adanya kesenjangan gender) serta mengindentifikasi langkah intervensi diperlukan.

"Ketika perempuan merasa tidak mendapat keadilan dalam berbagai hal, tentu akan muncul "pemberontakan", sehingga dengan kondisi seperti itu maka yang perlu dilakukan adalah melakukan perlawanan," kata Suria Irfani.

Dikatakan Suria Irfani, bahwa untuk bisa tampil berkompetisi dalam bidang politik dan pembangunan, yang perlu dilakukan perempuan adalah meningkatkan kapasitas diri, salah satunya adalah dengan meningkatkan pendidikan.

"Ketika proses pemilihan anggota legislative, ada aturan bahwa presentasi caleg perempuan adalah minimal 30 persen, namun secara teori itu hanya secara administrative saja, sebab untuk bisa bertarung dalam kancah politik, selain ketokohan juga tentu kapasitas diri sangatlah penting," terang Suria Irfani.

Sementara itu dalam pelatihan itu sendiri diikuti sekitar 25 peserta, yang berasal dari organiasi mahasiswa Unikarta, serta dari sejumlah organisasi wanita Kukar seperti GOW dan HWK Kutai Kartanegara. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved