DPRD Kukar Perjuangkan Anggaran 10 Persen untuk Kaum Perempuan

DPRD Kukar Perjuangkan Anggaran 10 Persen untuk Kaum Perempuan

Ketua DPRD sampaikan sambutanKetua DPRD sampaikan sambutan
Photo: ist


KutaiRaya.com - 06/10/2016 20:48 WITA
Ketua DPRD Kutai Kartanegara Salehudin SSos, Sfil, Rabu (5/10/2016) pagi membuka resmi Pelatihan Pendidikan Politik Perempuan, yang digelar DPD KNPI Kutai Kartanegara, di Hotel Grand Elty Tenggarong.

Acara itu sendiri dihadiri Wakil Ketua KNPI Eko Hananda, Chairul Anam, dan para pengurus DPD KNPI Kukar serta 25 peserta pelatihan, yang berasal dari organisasi mahasiswa Kukar, dan organisai perempuan yang ada di Kutai Kartanegara.

Salehudin dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan pelatihan pendidikan politik perempuan Kukar.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, karena menunjukan adanya kepedulian khususnya pengurus bidang pemberdayaan perempuan KNPI terhadap nasib kaum perempuan di Kutai Kartanegara." Kata Salehudin.

Dikatakan Salehudin, bahwa DPRD Kukar juga sangat komitmen dalam perhatiannya terhadap pemberdayaan perempuan, itu dibuktikan untuk memperjuangkan anggaran sekitar 10 persen untuk kaum perempuan Kukar.

Anggaran tersebut harapannya bisa menopang program pembangunan responsif gender di Kutai Kartanegara, dalam artian tidak hanya pemberdayaan perempuan di bidang politik saja, tetapi juga pada bidang lainya khususnya bidang pendidikan dan ekonomi

Selain dari itu keterwakilan perempuan dalam proses pengambilan keputusan publik masih rendah.padahal proposi perempuan di Kukar mencapai 40 persen lebih, tetapi realitanya, di parlemen sendiri angka keterwakilan perempuan hanya 8,89 %.

"Demikian juga pada jabatan publik, keterwakilan perempuan masih dibawah 10 %. Dua faktor inilah yang menjadi penyebab mengapa indeks pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (IDG) di Kutai Kartanegara masih rendah dibandingkan kabupaten dan kota yang lain di Kalimantan Timur." Ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Jurnati SE, menyatakan tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah "Membangun Partisipasi Politik Perempuan Kutai Kartanegara". Harapannya, dengan pelatihan tersebut akan dapat mendorong peran perempuan dalam pembangunan, sebab selama ini peran perempuan masih sangat rendah dalam pengambilan kebijakan public.

"Banyak beranggapan bahwa dunia politik itu adalah dunianya laki laki, padahal tidak lah demikian. Perempuan juga memiliki porsi dan peran besar dalam politik," tegasnya. (boy)


Foto bersama Ketua DPRD Kukar, pengurus KNPI dan peserta
Photo: ist

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved