SDN 011 Tenggarong Kembangkan Eskul Karate

SDN 011 Tenggarong Kembangkan Eskul Karate

Kepala SDN 011 Tenggarong Siti Jubaidah.S.PdKepala SDN 011 Tenggarong Siti Jubaidah.S.Pd
Photo: ist


KutaiRaya.com - 04/10/2016 00:55 WITA
Menjadikan Ekstrakulikuler (Ekskul) Pramuka salah satu kegiatan wajib bagi peserta didiknya, ini di sampaikan Siti Jubaidah,S.Pd selaku Kepala SDN 011 Tenggarong.

Menurutnya pramuka adalah salah satu ekskul yang membentuk karakter sepenuhnya bagi peserta didiknya secara mendasar dan dapat menjadi bekal hingga kemasyarakat, .

"Selain itu ekskul dalam bidang seni juga dikembangkan di SDN 011 Tenggarong seperti ekskul biola, kulintang dan karate yang benar-benar menyesuaikan dengan minat peserta didik tentunya."katanya

Adapun ekskul lainnya yakni tari dan karate. Kulintang sendiri telah ditampilkan oleh peserta didik SDN 011 Tenggarong di Poprov 2016 dan upacara adat erau 2016. Karate sendiri telah membawa peserta didik kami hingga ke kancah kejuaraan nasional, hingga ini menjadi alasan kami untuk terus menyemai bibit baru melalui ekskul ini agar terus lahir peserta didik yang memiliki keseimbangan akademik dan non akademik.

3 tahun berturut-turut SDN 011 Tenggarong telah mengirimkan peserta didiknya ketingkat nasional seperti pencak silat, atletik, panjat tebing dan karate.
"Bisa dikatakan SDN 011 Tenggarong mendukung penuh dengan keseimbangan akademik dan non akademik sehingga SDN 011 Tenggarong juga dikatakan gudang atlit" tambah Siti.

Dengan kehadiran ekskul baru yakni karate menjadi idola baru bagi npeserta didik SDN 011 Tenggarong karena sudah mulai banyak peserta didik yang mengikuti ekskul ini di samping ekskul lain seperti yang telah disampaikan Siti Jubaidah,S.Pd jumat (29/9) diruang kerjanya

"Minat ini juga di tunjang keinginan yang timbul setelah melihat peserta didik yang terdahulu telah menembus kejuaraan nasional. Disamping itu juga selain pencak silat, karate juga memiliki pengaruh penting untuk pertahanan peserta didik dalam menghadapi hal-hal negatif seperti kriminalitas dan pelecehan yang kerap terjadi di kehidupan saat ini"ungkapnya

Pramuka tetap menjadi ekskul primadona dari tahun ketahun. Dari gudep SDN 011 tenggarong juga telah melahirkan 2 peserta didik yang telah menembus tingkatan pramuka tertinggi yakni pramuka garuda yang akan dilantik bupati atau wakil bupati Tenggarong. Ini juga menjadi kebanggan dan mungkin menjadi teladan bagi pesearta didik yang lain di SDN 011 Tenggarong sendiri maupun sekolah lain di Tenggarong.

Besar harapan Siti akan adanya beberapa ekskul yang dikembangkan disekolah ini menjadi nilai plus bagi masyarakat luas, dan menjadi motivasi dalam mengembangkan keseimbangan prestasi dalam bidang akademik dan non akademik.

Ini juga menjadi pendorong minat peserta didik mengisi waktu dengan hal yang positif melalui aktif mengikuti bimbingan ekskul.

"Diharapkan juga dengan aktifnya beberapa ekskul ini mengurangi resiko peserta didik yang berkeliaran tanpa arah hingga menyentuh dan mengenal hal-hal negatif yang marak terjadi." Katanya.

Ekskul yang di kembangkan di SDN 011 Tenggarong ini juga telah memperoleh dukungan penuh dari orang tua/wali peserta didik, ini dapat dilihat dari tingginya minat peserta didik yang disertai dengan dukungan dan ijin orang tua/wali perserta didik, agar tidak ada lagi waktu untuk kumpul-kumpul dengan teman sebaya yang tidak berkegiatan, jadi kegiatan ekskul juga jadi penghambat hal negative. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved