Komunitas Burung Tenggarong Gelar Lomba Burung Berkicau di Pasar Mangkurawang

Komunitas Burung Tenggarong Gelar Lomba Burung Berkicau di Pasar Mangkurawang

Lomba Burung BerkicauLomba Burung Berkicau
Photo: ist


KutaiRaya.com - 26/09/2016 23:32 WITA
Untuk mendukung komitmen Pemkab Kukar meramaikan Pasar Gerbang Raja Mangkurawang ll, komunitas Burung Tenggarong dan warga pasar Mangkurawang menggelar acara Lomba Burung Berkicau (LBB), di halaman Pasar Mangkurawang ll Tenggarong, Minggu (25/9/2016) pagi.

Lomba Burung Berkicau (LBB) tersebut di ikuti berbagai daerah, selain di ikuti komunitas Burung Tenggarong juga di ikuti komunitas - Komunitas burung dari Samarinda, Loa Kulu, Kota Bangun dan sekitarnya.

Suasana perlombaan pun berlangsung seru saat sangkar-sangkar burung digantung di bawah tenda, serta burung-burung tersebut berkicau dengan sendirinya.

Menurut Ketua EO dan Juri pertandingan Sujarno , Kegiatan tersebut bertujuan ialah untuk membatu meramaikan pasar Mangkurawang ll dan juga mengenalkan ke masyarakat, yang berkerja sama dengan warga pasar dan 2 komunitas burung yakni Simpang Kicau Mania Bukit Biru dan Kucau Mania Bukit Biru. Adapun jenis burung yang di perlombaan antaranya burung Kacer, Cucak Ijo, Murai Borneo, Love Bird, Kanari dan Pleci.

"Lomba terdiri dari 4 kelas, kelas pertama yaitu kelas Pasar terdiri dari burung Kace Bebas, Murai Borneo, Cucak Ijo, Pleci dan Love Bird Kelas kedua Gerbang Raja yang diisi dengan jenis burung yang sama dengan kelas pertama. Sementara itu Kelas ke 3, kelas Mangkurawang terdiri dari burung Kacer Hitam, Pleci, Cucak Ijo, Murai Borneo dan Love Bird sedangkan Kelas ke 4, kelas Warkop Jo tersiri dari Burung Kenari Bebas." Jelasnya

Sujarno berharap, di samping membatu pedagang pasar Mangkurang ll bisa lebih dikenal oleh Masyarakat, selain itu karena pihaknya mempunyai bebagai komunitas, pemerintah dapat memberi tempat untuk komunitas Burung Tenggarong.

"Mungkin kedepannyalah, saat ini kami boleh bermimpi, tetapi mungkin suatu saat nanti kita diberi pasilitas pasar burung untuk Komunitas Burung yang ada di Tenggarong." Harapnya

Sementara itu Piter, Selaku Kordinator Pasar mengatakan, ini merupaka program pemerintah untuk meramaikan Pasar Mangkurawang bahkan sudah berbagai kegiatan yang di laksanakan di Pasar Mangkurawang seperti melakukan kegiatan pasar Ramadan, Kampung Ramadan serta juga Karang Taruna yang menyambut 17 Agustus.

"Jadi untuk para komunitas dari kalangan mana saja yang ingin melaksanakan kegiatn di pasar di persilahkan dan kami terbuka asal kegiatan tersebut bersifat Positif." Ujarnya. (kr1)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved