Yayasan Kudungga Kukar Gelar Pelatihan Akreditasi Tutor

Yayasan Kudungga Kukar Gelar Pelatihan Akreditasi Tutor

Para Peseta Program Pelatihan Akreditasi Tutor.Para Peseta Program Pelatihan Akreditasi Tutor.
Photo: ist


KutaiRaya.com - 15/09/2016 21:59 WITA
Yayasan Kudungga Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) melaksanakan Program kesarjanaan khusus bagi guru SD yang telah terselenggara sesuai MOU tahun 2000 dan telah meluluskan sekitar 2000 lebih mahasiswa, yakni menggadakan pelatihan akreditasi tutor.


Pembina yayasan Kudungga H. Drs Sutopo Gasip, M Pd menjelaskan Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan sebagai sertifikasi tutor atau dosen semacam ID card pengajar yang berfungsi sebagai ijin melakukan proes pengajaran dalam perkuliahan.

Adapun kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yang dimulai Rabu (14/9) sampai dengan (16/9), bertempat di Hotel Liza Jln. Naga, Tenggarong Kutai Kartanegara.

Selaku narasumber didatangkan langsung dari Universitas Terbuka Jakarta dan perwakilan UPJJ Samarinda kalimantan Timur." Narasumber ini didatangkan dengan harapan dapat memeberikan pembekalan-pembekalan bagi tutor-tutor peserta kegiatan yang ada di Kutai Kartanegara agar dapat diterapkan dalam proses Belajar Mengajar. "katanya/

Universitas Terbuka yang telah berpredikat lulus ISO menuntut tutor pengajar harus benar-benar berkompeten, berkemampuan dan berkualitas, dimana yang di berikan pengajar adalah guru-guru yang memang telah memahami bagaimana proses belajar mengajar atau dikategorikan kelas mahasiswa dan tentunya perkuliahan yang terkadang dilaksanaka jarak jauh.

Yang menjadi peserta pelatihan akreditasi Tutor UT ini sebanyak 35 orang yang berlatar belakang guru SMA, dari Balitbangda, dan dari pihak Universitas yang berkompeten, ada 6 orang yang berlatar belakang pendidiakn S3 atau bergelar Doktor, yang S2 dan S1, tentunya jenjang pendidikan telah linier, diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini dapat mengembangkan persepsi dari tutor sehingga dapat di aplikasikan dalam belajar mengajar guru-guru SD Kutai Kartanegara yang mengikuti kuliah di Universitas Terbuka Kutai Kartanegara.

Di Universitas Terbuka juga memiliki jurusan-jurusan pilihan seperti Universitas-universitas lain yang ada di Indonesia tentunya, dan tentunya memiliki kualitas dan keunggulan seperti telah berpredikat lulus ISO, dan tentunya keunggulannya lagi yakni memberikan fasilitas perkuliahan yang bisa menempuh jarak jauh sehingga memberikan berbagai kemudahan kepada mahasiswa. Namun unutuk kegiatan pelatihan tutorail ini sendiri difokuskan kepada mahasiswa yang berpredikat Guru SD sehingga yang di cetak ialah guru S1 PGSD. Ditilik dari peserta ini seperti tutor yang berpendidikan S3 ini menempuh nilai plus mengenai kualitaspengajar di Universitas Terbuka.

Yayasan Kudungga (Kukar) dengan (UT) akan membuka program S2 PGSD, Kelompok Belajar (Pokjar) Kecamatan Tenggarong, Muara Kaman, Kota Bangun, Muara Mutai, Muara Wis, Kenohan, Kembang Janggut serta Tabang dengan Mahasiswa kurang lebih 300 oang yang tersebar di beberapa kecamatan dengan akreditasi B dan untuk ilmu untuk jurusan administrasi negara akreditasi A,

Secara keseluruhan diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan akreditasi tutor ini peserta bisa menjadi tutot-tutor atau dosen-dosen yang mumpuni untuk membimbing dan mengajar mahasiswa-mahasiswanya di Universitas Terbuka dengan mengaplikasikan ilmu dan pengembangan yang telah diperoleh selama pelatihan.

"Saya akan memberikan nilai tambah bagi tutor-tutor yang mengikuti kegiatan ini yang tentunya peserta ini telah memperoleh peningkatan akan kemampuan mengajar,mengevaluasi,penyempurnaan pengelolaan kelas,serta tersampaikannya tujuan pengajaran dalam Universitas terbuka ini,dan tentunya lebih profesional sebagai tutor pengajar,"Katanya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved