Amankan Pilkades Serentak, Polres Kukar Terjunkan 778 Personil

Amankan Pilkades Serentak, Polres Kukar Terjunkan 778 Personil

Apel siaga untuk pengamanan Pilkades serentak Kukar.Apel siaga untuk pengamanan Pilkades serentak Kukar.
Photo: ist


KutaiRaya.com - 13/09/2016 10:10 WITA
Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 71 desa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Jajaran Polres Kukar menggelar apel pasukan pengamanan bersama. Pada Jumat (8/9 lalu di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong.

Pada Apel tersebut Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah bertindak sebagai Inspektur dan juga turut hadir Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, Dandim 0609 Tenggarong Letkol Kavaleri Ari Pramana Sakti dan segenap unsur FKPD Kabupaten serta para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Wakil Bupat Edi Damansyah mengatakan, Kabupaten Kukar merupakan pertama di Indonesia yang melaksanakan Pilkades secara serentak "Adapun jumlah desa di Kabupaten kukar yang melaksanakan Pillkades sebanyak 71 desa dari 16 Kecamatan, dimana 63 desa merupakan wilayah hukum Polres Kukar sementara 8 desa lainya masuk wilayah hukuk Polres Bontang." Ujarnya

Selain itu beberapa predikai Kerawan yang memungkinkan dapat timbul pada pilkades serentak ialah Terjadinya rusuh masaal pendukung pasangan calon, Monet politic, Black Campaign/kampanye negatik, selebaran gelap, provokasi, sabotese, teror/intimidasi, Pengancaman dan Penculikan serta Kampanye melebihi batas waktu yang ditetapkan/tidak sesuai jadwal, pelangaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas serta Kerusakan TPS, .

"Kerawanan tersebut apa bila tidak diantisipasi dengan baik maka akan menyebabkan terjadinya Ancaman, Gangguan dan Hambatan terhadap proses jalanya pemerintahan, sehingga pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadp stabilitas politik, sistem penyelenggaraan negara serta keamanan pembangunan." Jelasnya

Sementara Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen menambahkan dalam pengamanan Pilkades tersebut nantinya melibatkan sebanyak 778 personil yang terdiri dari 475 personil Polres Kukar dan 303 personil BKP Polda Kaltim yang nantinya akan melakukan pengamanan di 165 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Kukar dan pengamanan rangkaiaan giat Pilkades serentak Kabupaten Kukar lainya.

"Oleh karena itu seluruh rangkaian Pilkades Kabupaten Kukar tahun 2016 harus di selengarakan dalam suasana Kondusif yang di warnai dengan Situasi dan Kondoso yang Tertib, Tentram serta Aman Baik Menjelang, Selama dan sesudah Pilkades dilaksanaka." Katanya. (kr1)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved