• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar Sri Wahyuni memastikan, saat pagelaran Erau adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) yang berlangsung dari 20 – 28 Agustus 2016 nanti, pihaknya menyiapkan empat venue untuk lokasi kesenian daerah.

Ke empat venue tersebut berada di panggung lapangan basket tepi Mahakam Jl KH A Muchsin, panggung Erau Expo di lapangan parkir Kompleks Aji Imbut, dan plaza utama Pulau Kumala pada kegiatan street performance.

"Kesenian lokal itu akan tampil bergantian dengan tim kesenian dari 9 negara yang ikut memeriahkan EIFAF tahun ini, dan beberapa kesenian dari kabupaten/kota di Kaltim lainnya, " Ujarnya.


Menurut Sri, pihaknya memberikan kesempatan luas kepada kesenian daerah untuk tampil.

"Jadi tidak benar bahwa saat EIFAF hanya menyaksikan kesenian mancanegara. Tetapi lebih banyak kesenian lokal yang akan tampil," tegasnya.

Sri Wahyuni menambahkan, dalam EIFAF tahun ini pihaknya bekerjasama dengan pihak terkait kembali mengadakan lomba Permainan Tradisional dan lomba Perahu Naga dan lomba Pacu Perahu Motor (Ces), serta kegiatan Erau Expo Bazar Rakyat.

"Even-even tersebut tentunya sangat menarik untuk disaksikan, banyak kegiatan unik yang hanya ada di Tenggarong khususnya kegiatan sakral oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura," tuturnya. (one)

Pasang Iklan
Top