Dinas Pertanian Kukar Tambah Luas Tanam Padi 85 Hektar di Muara Kaman

Dinas Pertanian Kukar Tambah Luas Tanam Padi 85 Hektar di Muara Kaman

Sumarlan
Sumarlan
Photo: ist

KutaiRaya.com - 11/08/2016 20:27 WITA
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kukar Sumarlan memastikan, tahun ini pihaknya kembali menambah luas tanam untuk cetak sawah baru sebanyak 85 Hektare (Ha).

Menurutnya, cetak sawah baru ini akan di pusatkan di Kecamatan Muara Kaman karena diwilayah tersebut banyak lahan yang potensial untuk menambah luas tanam padi, "Kita akan menambah luas tanam tahun ini di Muara Kaman sebanyak 85 Ha, ini belum termasuk luasan swadaya masyarakat, " Ungkapnya.


Sumarlan mengatakan, menambah luas tanam dengan mencetak sawah-sawah baru, memang menjadi salah satu program yang dilakukan dalam rangka meningkatkan angka produksi padi.

"Program percetakan sawah baru ini tak serta merta dilakukan Distan TPH Kukar tanpa melihat efektifitas dari lahan baru yang dicetak, tetapi juga harus memperhatikan ketersediaan petani atau tenaga penggarapnya, " Tuturnya.

Sumarlan menambahkan, sebenarnya banyak saja masyarakat yang mengajukan usulan penambahan areal sawah baru, namun pihaknya perlu untuk melihat lebih jelas di lapangan, karena terkadang kelompok yang mengusulkan percetakan sawah baru juga, merupakan kelompok petani yang juga pernah mengusulkan percetakan sawah tahun sebelumnya.

"Pertambahan luasan area sawah baru, belum disertai dengan penambahan jumlah tenaga penggarapnya, karena trendnya sekarang di Kukar minim yang mau menjadi petani" tutupnya. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved