Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calhaj Kloter I Asal Kukar

Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calhaj Kloter I Asal Kukar

Isak tangis warnai keberangkatan calhaj Kukar.Isak tangis warnai keberangkatan calhaj Kukar.
Photo: ist


KutaiRaya.com - 09/08/2016 21:09 WITA
Sebanyak 348 Calon Haji (Calhaj) asal Kukar yang masuk di Kloter pertama Embarkasi Haji Balikpapan, ditambah 5 petugas haji diberangkatkan Selasa (9/8/2016) pagi dari Masjid Agung Sultan Sulaiman menuju Asrama Haji Batakan Balikpapan.

Isak tangis para pengantar pun pecah ketika para Calon Haji Kabupaten Kukar hendak naik ke bus. Keluarga dan kerabat tak kuasa menahan tangis saat mengantar para calon jemaah haji dan ketika bus yang membawa rombongan hendak berangkat, para pengantar langsung mendekat untuk melihat keluarga mereka.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementrian Agama Kukar H. Mukhtar mengatakan, sebelum di berangkatkan menuju Madinah, para Calhaj Kukar ini terlebih dahulu masuk asrama haji Batakan Balikpapan, dan langsung dilakukan pemeriksaan dokumen serta cek kesehatan oleh petugas untuk memastikan calon jamaah haji dalam kondisi sehat dan layak untuk berangkat.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dan tes kesehatan jamaah dipersilahkan untuk beristirahat, dan dijadwalkan akan dilakukan pelepasan secara resmi yang rencananya oleh Gubernur Kaltim Awang Faruk Ishak di dampingi Bupati Kukar Rita Widyasari pada Selasa (9/8/2016) malam sekitar pukul pukul 19.30 WITA, " Ungkapnya.

Mukhtar juga menjelaskan, seharusnya calhaj Kukar Kloter I yang berangkat berjumlah 355 orang, namun tujuh calhaj harus tertunda keberangkatan karena Visa ketujuh calhaj tersebut sampai sekarang belum diterima, "Ini disebabkan penggabungan antara suami istri atau anak saat berangkat, dan yang telah berhaji digabungkan kepada keluarga yang masih belum bisa tercover, " tuturnya.

Meskipun tujuh calhaj ini tertunda keberangkatannya, tetapi Mukhtar memastikan ketujuh calhaj ini akan di berangkatkan pada Kloter calhaj Kukar berikutnya antara Kloter 8 yang berangkat 19 Agustus 2016, atau di Kloter 12 yang berangkat pada 25 Agustus 2016.

"Kami akan memberangkatkan ketujuh calhaj tersebut pada Kloter berikutnya dengan catatan ketujuh calhaj ini sudah menerima Visa, " katanya.

Sementara itu, dari pantauan media ini, para calon jamaah haji khususnya yang berasal dari daerah hulu Mahakam Kukar, mulai berdatangan di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong sejak Senin (8/8/2016) malam pukul 22.00 WITA, para calon jama'ah haji ini di antar keluarganya, sembari menunggu berkumpul di dalam Masjid, keluarga dan calhaj beristirahat di mobil bahkan ada yang tiduran di pelataran teras Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Sekitar pukul 02.30 WITA, para Calhaj mulai berkumpul di dalam Masjid sekaligus mencari regunya masing-masing, hal ini untuk mempermudah Calhaj saat diberangkatkan menuju bus. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved