Puskesmas Rapak Mahang Adakan CPC

Puskesmas Rapak Mahang Adakan CPC

Kegiatan Crash Program Campak UPTD Puskesmas Rapak Mahang Di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Tiang Ayu..Kegiatan Crash Program Campak UPTD Puskesmas Rapak Mahang Di Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Tiang Ayu..
Photo: ist


KutaiRaya.com - 09/08/2016 20:59 WITA
Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara melalui UPTD Puskesmas Rapak Mahang Kecamatan Tenggarong Bekerja sama dengan PAUD/KB/TK, melaksanakan Crash Program Campak (CPC) Tahun 2016 secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 1 s/d 14 Agustus 2016, sebagai salah satu upaya memberantas penyakit campak di tanah air.

"CPC ini terintegrasi dalam tiga program, yaitu Imunisasi Campak Usia 9-59 Bulan, Pemberian Vitamin A Usia 6-59 Bulan dan Program penanggulangan Kecacingan pada anak, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara CPC hanya terintegrasi dalam 2 program saja yaitu Imunisasi Campak dan Pemberian Vitamin A. Penyakit Campak adalah penyakit yang sangat potensial menimbulkan wabah. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian Imunisasi Campak,"ungkapnya Hesti Noorliyanti,AMd.Keb,SKM Koordinator Imunisasi UPTD Puskesmas Rapak Mahang.

Program Imunisasi Campak di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1984 dengan kebijakan memberikan 1 dosis pada bayi usia 9 - 12 bulan. CPC yang terjadwal serentak tanggal 1 hingga 31 Agustus 2016 di seluruh Indonesia. Ini juga tentunya dilaksanakan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk mendapatkan pelayanan Imunisasi Campak diharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya wilayah kerja UPTD Puskesmas Rapak Mahang Kecamatan Tenggarong yang memiliki putra-putri usia 9 sampai 59 bulan segera datang ke pos pelayanan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, dan Posyandu mulai tanggal 1 s/d 14 Agustus 2016, kemudian pada tanggal 15 s/d 31 Agustus 2016 akan dilakukan sweeping yang belum mendapatkan Imunisasi Campak.

"CPC ini merupakan program pemerintah secara nasional dengan tujuan meningkatkan dan mempertahankan kekebalan tubuh terhadap penyakit campak" Katanya

Di Indonesia angka kejadian penyakit campak ini masih tinggi. Sehingga CPC menjadi program prioritas pemerintah guna menekan penyakit campak. Imunisasi Campak termasuk Imunisasi Wajib yang harus didapatkan oleh setiap bayi. Imunisasi Campak ini terdiri dari beberapa tahapan diawali dengan imunisasi campak pada saat imunisasi dasar dengan sasaran bayi usia 9-11 bulan, dilanjutkan imunisasi campak pada saat imunisasi lanjutan dengan sasaran batita usia 24-36 bulan dan pada saat BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) Campak dengan sasaran siswa SD (Sekolah Dasar) dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) kelas 1. Penyakit campak ini merupakan penyakit menular karena pemicunya adalah virus. Adapun gejalanya yang khas yaitu konjungtivitis, batuk/pilek dan disertai dengan (rash) bercak merah yang timbul di seluruh tubuh, campak juga bisa menyebabkan kematian.

Himbauan mengenai Imunisasi Nasional Crash Program Campak telah dilakukan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI Kepada Pemerintah Provinsi lalu ke Kabupaten hingga ke Puskesmas sebagai Pelaksana Pelayanan Kesehatan, guna menjamin keamanan dan keaslian vaksin yang menjadi program rutin Pemerintah di Indonesia. Imunisasi nasional sendiri adalah hak setiap anak di Indonesia yang telah dimuat di dalam Permenkes No.42 Tahun 2013 dan Undang-Undang Perlindungan Anak. Menjadi kewajiban orang tua lah yang memenuhi maksud dari pemerintah ini guna menjaga kelangsungan masa depan generasi muda yang sehat dalam hal ini putra dan putri Indonesia.

Kepala UPTD Puskesmas Rapak Mahang beserta staf mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membawa putra-putrinya dan menghimbau kepada masyarakat dalam wilayah kerja UPTD Puskesmas Rapak Mahang (Kelurahan Melayu, Timbau, Bukit Biru dan Jahab) yang belum, .

"Agar segera membawa putra-putrinya ke tempat ke UPTD Puskesmas Rapak Mahang atau ke Puskesmas Pembantu Bukit Biru, ke Puskesmas Pembantu Jahab atau ke Posyandu-Posyandu di 4 kelurahan tersebut"pungkas Hesti. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved