SDN 02 Tenggarong, Sekolah dengan Segudang Prestasi

SDN 02 Tenggarong, Sekolah dengan Segudang Prestasi

Juniaty, S.Pd Kepala SDN 002 Tenggarong saat menerima Piagam Penghargaan Adiwyata Tingkat Provinsi
Juniaty, S.Pd Kepala SDN 002 Tenggarong saat menerima Piagam Penghargaan Adiwyata Tingkat Provinsi
Photo: ist

KutaiRaya.com - 03/08/2016 00:09 WITA
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 Tenggarong menyusun agenda perlombaan dalam rangka menyongsong hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selaku Kepala Sekolah Juniaty, S.Pd menyampaikan mengenai agenda jalan santai keluarga peserta didik di sertai dengan orang tua masing-masing.

"Adapun lomba bagi yang biasa kami adakan di sekolah ini seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu lomba mewarnai,lomba melukis,lomba percakapan dalam Bahasa Inggris yang akan didikuti oleh peserta didik intern dari sekolah kami" katanya.

Pihak sekolah juga siap mengirim regu gerak jalan untuk mengikuti lomba gerak jalan yang biasanya di adakan oleh pihak pemerintah untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Buk Junet pangilan akrabnya menambahkan Tahun 2015 SDN 002 Tenggarong telah memperoleh predikat sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan di Tahun 2016 yang juga bertepatan dengan hari pendidikan nasional sekolah ini memperoleh predikat Sekolah Sehat tingkat Provinsi Juara II, sehingga tahun ini pula kembali dikut sertakan untuk berkompetisi untuk memperoleh predikat sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

"Dalam kompetisi Tingkat Nasional ini kami memohon doa dan restu dari segala pihak guna membawa nama kalimantan timur khususnya untuk Kabupaten Kutai Kartanegara agar kami bisa memperoleh predikat Adiwiyata tingkat Nasional,"pintanya.

Adapun usaha yang saat ini dilakukan yakni senantiasa menjaga kebersihan dan mempertahankan predikat sekolah sehat yang telah di peroleh ditahun 2015 lalu karena penilaian Adiwiyata juga mencakup mengenai kebersihan sekolah.

Disamping itu sekolah juga memakasimalkan pembentukan karakter dalam menghargai lingkungan bagi seluruh keluarga besar sekolah. Karakter menghargai lingkungan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan, kerindangan, kerapian, permanfaatan limbah/sampah di sekolah serta tentunya prilaku peserti didik.

"Peserta didik kami telah memanfaatkan limbah sayuran menjadi kompos ini juga menjadi salah satu usaha sekolah guna menyongsong kompetisi predikat Adiwiyata Nasional,"ujarnya

Di setiap kelas di sekolah ini ada yang dikenal dengan polisi kelas yang bertugas mengontrol kondisi lingkungan kelas masing-masing mengenai kebersihan kelasnya. Hari sabtu merupakan agenda wajib dimana dilaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan sekolah secara bersama-sama oleh seluruh keluarga besar SDN 002 Tenggarong, di sekolah ini juga memuat pendidikan lingkungan hidup 2 jam pelajaran perminggu dalam jadwal proses belajar bagi setiap kelas, menjadi kewajiban regu piket membersihkan kelas masing-masing tiap harinya secara bergantian tentunya. Tahun 2014 lalu SDN 002 Tenggarong juga memperoleh toilet sehat tingkat kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam wacana pemerintah untuk menuju kepada predikat sekolah Ramah Anak sekolah menciptakan suasana dan lingkungan yang nyaman dan di tunjang dengan ramah tamah dari pendidik dan seluruh keluarga sekolah sehingga sekolah menjadi rumah ke 2 bagi peserta didik yang tentunya menyenangkan dan nyaman, sekolah ini pernah melaksanakan Study banding hingga ke negara tetangga Malaysia bagi guru-gurunya. Dan Study banding bagi peserta didiknya ke luar daerah seperti ke Yogyakarta guna meningkatkan potensi bagi sekolah ini sendiri.

Jam 0 di sekolah ini diisi dengan pembacaan surah pendek, menyanyikan lagu wajib nasional dan ditambah lagi dengan program cinta membaca bagi peserta didik. 15 menit waktu disediakan bagi peserta didik untuk membiasakan diri dengan membaca.

Dalam mengikuti program gemar mengaji dari pemerintah sekaligus peresmian gedung baru sekolah ini akan meluncurkan kerja sama dengan LPTQ mengenai SDN 002 Tenggarong menjadi pilot percontohan untuk sekolah dasar lain yang mempunyai program gemar mengaji, akan dikhususkan 1 jam pelajaran di hari senin hingga kamis untuk mengaji tentunnya bagi yang Muslim dan jadwal harian itu sendiri akan di sesuaikan oleh pihak LPTQ sendiri .

"ini bertujuan agar peserta didik kami memperoleh ilmu membaca Al-Quran dengan aturan dan cara baca yang benar, jadi setalah lulus disini bukan hanya memperoleh pendidikan formal tapi juga bisa mengaji dengan cara yang benar" harapnya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved