407 Calhaj Kukar Ikuti Manasik Haji

407 Calhaj Kukar Ikuti Manasik Haji

Manasik Haji MassalManasik Haji Massal
Photo: ist


KutaiRaya.com - 24/07/2016 10:48 WITA
Sebanyak 407 Calon Haji (Calhaj) Kukar mengikuti Manasik Haji Massal sekaligus mengikuti acara pelepasan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kukar, oleh Plt Sekda Kukar H.Marli di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Sabtu (23/7/2016) pagi.

Dalam laporannya, Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kukar H. Mukhtar menyampaikan, Calon Jamaah Haji asal Kukar tahun ini yang mendaftar atau yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebanyak 413 orang, terdiri dari 355 calhaj yang sudah melunasi BPIH pada gelombang pertama dan sisanya di gelombang kedua.

"Dari pelunasan BPIH baik gelombang pertama dan kedua ini kami telah mengusulkan pembuatan Visa dari gelombang pertama sebanyak 360 orang dan ini akan masuk pada Kloter satu embarkasi Haji Balikpapan, sedangkan untuk Kloter 8 sebanyak 13 orang dan untuk Kloter 12 sebanyak 32 orang, "jelasnya

Mukhtar mengatakan, kami mengusulkan jumlah calon haji (calhaj) Kukar yang berangkat tahun ini sebanyak 407 orang jamaah, namun di dalam kuota haji Kukar tahun ini masih sama seperti sebelumnya yakni hanya 400 orang saja,

"Mudah-mudahan 7 orang jamaah haji yang kita usulkan tambahan dari cadangan bisa mendapatkan Visa dari Konsulat Jenderal Arab Saudi di Jedah yang di wakili Konsulat Jenderal yang ada di Jakarta agar dapat berangkat juga tahun ini, mengingat kita melebihi kuota 7 orang " harapnya.

Jika tujuh calhaj yang diusulkan tahun ini tidak bisa berangkat lanjut Mukhtar, pihaknya berharap jamaah haji sebagai cadangan ini untuk bersiap melaksanakan haji di tahun 2017.

Sementara itu, Plt Sekda Kukar H.Marli dalam sambutannya mengungkapkan, ibadah haji bertujuan melatih kekuatan spiritual guna menghadapi tantangan kehidupan yang lebih nyata yakni pembangunan religiusitas masyarakat, "Inilah Haji Mabrur haji yang membawa para pelaku mengamalkan prinsip keberagamaan yang lebih bisa membawa kemanfaatan bagi semuanya khususnya bagi Kabupaten Kukar, " ungkapnya.

Marli juga menghimbau kepada seluruh calhaj Kukar untuk tetap menjaga kekompakan dan persaudaraan serta menjaga kesehatan, selanjutnya jalin silaturahmi antar sesama calhaj Kukar bahkan jalinlah tali silaturahmi yang baik dengan sesama umat muslim yang anda temui, karena menjalin silaturahmi merupakan ajaran Islam, dan nanti kembali ke tanah air berjumpa keluarga dan sanak saudara dengan selamat, dan sehat serta meraih predikat Haji Mabrur.

Diakhir acara, Plt Sekda Kukar h.Marli menyerahkan bendera Kabupaten Kukar kepada ketua Kloter satu Ali S,Ag, di dampingi Kepala Kantor Kemenag Kukar Sulaiman Anwar.

Sebagai informasi, Manasik Haji Massal yang digelar Kantor Kemenag Kukar dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu 23 dan 24 Juli 2016, hari pertama materi bimbingan manasik haji dari Ketua MUI Kukat KH. Hormansyah dan dari tokoh agama yang juga mantan Kepala Kemenag Kukar H.Bachrin, serta arahan dari petugas kesehatan.

Kemudian di hari kedua akan dilaksanakan praktek manasik haji di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, dilanjutkan pemberian vaksin meningitis di Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong. (one)


manasik haji
Photo: ist

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved