Keliling Indonesia dengan Sepeda, Kang Andik Gaungkan Pelestarian Hutan

Keliling Indonesia dengan Sepeda, Kang Andik Gaungkan Pelestarian Hutan

Kang Andik bersama Alumni SKMA Kukar dan SamarindaKang Andik bersama Alumni SKMA Kukar dan Samarinda
Photo: ist


KutaiRaya.com - 12/07/2016 21:01 WITA
Raden Andik Jayaprawira sudah tidak muda lagi, pada Agustus bulan depan usianya 73 tahun, tetapi untuk urusan petualangan dia seperti layaknya anak muda.

Kang Andik sapaan akrabnya tiba di Tenggarong pada Senin (11/7/2016) sore kemarin, didampingi Ketua Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Kukar Rusdianto dan beberapa alumni lainnya dari Samarinda, langsung bertemu dengan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, setelah itu pada Selasa (12/7/2016) pagi, Kang Andik bertemu juga dengan Plt Sekda Kukar yang juga masih menjabat Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kukar H. Marli, dan terakhir bertemu dengan Ketua DPRD Kukar Salehudin, S.Sos, S.Fill.

Ditemui usai pertemuannya dengan Ketua DPRD Kukar Salehudin di Gedung DPRD Kukar, Kang Andik mengaku, tujuannya berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda ini, selain untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan alumni SKMA dan Rimbawan yang tersebar di Indonesai, tetapi juga mengajak mereka dan pejabat setempat, untuk tetap menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan.

"Saya ingin Alumni SKMA dan Rimbawan di seluruh Indonesia untuk menjaga dan melestarikan hutan da lingkungan sekitar, karena sekarang banyak hutan yang beralih fungsi, " tuturnya.

Kang Andik mengatakan, saat ini dia telah menjelajahi 21 Provinsi dan Kukar meruapakan Kabupaten Kota ke 264 di Indonesia yang telah disinggahi, "Perjalanan ini saya mulai dari Banten tempat kelahiran saya sejak 16 September 2014 lalu, dan sudah berjalan hampir dua tahun, " katanya.

Pria yang memiliki 7 orang anak dan 12 cucu ini mengaku, masih sangat fit bersepada untuk melanjutkan perjalanan dibeberapa daerah, apalagi dengan sambutan para alumni SKMA di beberapa daerah yang dia singgahi, membuatnya bersemangat untuk melanjutkan perjalanan.

Sebelum berada di Kutai Kartanegara, Kang Andik terlebih dulu bersepada dari Kalimantan Utara, kemudian menuju Kalimantan Timur dimulai dari Berau, lalu ke Sangatta Kutim, Bontang, selanjutnya ke Kubar dan saat ini di Kukar, "Setelah Kukar saya akan ke Samarinda menemui Gubernur Kaltim dan Walikota Samarinda, lalu ke Balikpapan, PPU, Paser hingga ke Kalimantan Selatan.

Selama di daerah yang disinggahi, Kang Andik tidak pernah tinggal di hotel maupun penginapan, melainkan menginap di salah satu rumah Alumni SKMA ataupun di kantor Dinas Kehutanan, dan selama perjalanan Kang Andik memastikan, murnia biaya sendiri dan bantuan dari para alumni SKMA, meskipun di akuinya ada beberapa pejabat yang secara ikhlas memberikan bantuan dana.

Kang Andik menambahkan, perjalanan keliling Indonesia dengan menggunakan sepeda ini akan ia akhiri pada April 2017 mendatang dan kembali ke Banten, "Karena di pulau Kalimantan saja saya akan berkeliling hingga bulan Oktober 2016, selanjutnya mulai November 2016 hingga April 2017 agenda selanjutnya saya akan mengeliling pulau Sumatra dari Sabang sampai ke Lampung, " pungkasnya. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved