• Senin, 30 Maret 2020
logo
Pasang Iklan

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar menjadwalkan akan menggelar sosialsiasi pembuatan paspor bagi calon jamaah haji (calhaj) asal Kukar yang berangkat tahun ini. Kemenag menargetkan 250-300 dari 400 orang jamaah mengikuti sosialiasi ini.

Kepala Kantor Kemenag Kukar H Sulaiman didampingi Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh H Mukhtar mengatakan, pihaknya berencana akan menggelar sosialisasi ini pada tanggal 29 April mendatang yang dipusatkan di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong. "Rencananya akhir bulan ini, tanggal 29 April nanti di Masjid Agung," kata Sulaiman.

Tidak semua calhaj yang datang dalam sosialiasi ini, Kemenag membatasi peserta karena factor jauhnya lokasi, khusunya bagi jamaah yang berdomisili d daerah pesisir dan Hulu Mahakam. "Kalau zona tengah, yakni Tenggarong dan sekitarnya semuanya diundang. Sedangkan yang jauh hanya perwakilannya saja, yakni Kepala KUA setempat dan beberapa perwakilan jamaah saja," tutur Sulaiman.

Sosialsiasi diperuntukan untuk semua calhaj yang akan berangkat, baik itu yang sudah mempunyai paspor maupun yang tidak. Namun yang diutamakan bagi jamaah yang belum mempunyai paspor. "Ditekankan yang belum punya paspor. Tapi semuanya kita arahkan untuk mengikuti sosialsiasi ini, baik yang punya maupun yang tidak," tutur Sulaiman.

Pembuatan paspor sendri rencananya akan digelar setelah sosialisasi ini selesai. Proses pembuatannya tidak ribet, calhaj yang belum punyai tinggal datang ke Imigrasi Samarinda dan kemudian difoto. "Jamaah tinggal datang dan kemudian berfoto saja lagi," ungkap Sulaiman.

Saat ditanya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini, Sulaiman mengaku pihaknya masih menunggu keputusan presiden terkait tersebut. "Paling tidak awal bulan deoa sudah ada putusan," ujarnya.

Untuk tahun ini BPIH diperkirakan akan menurun dari tahun sebelumnya, ongkos berhaji bagi calhaj tahun ini diperkirakan berkisar 2.200-2.300 US Dolar atau sekitar Rp38-39 juta/orangnya. Tahun lalu BPIH dipatok sebesar 3.400 US Dolar atau sekitar diatas Rp 40 juta. (rid)

Pasang Iklan Disini
Top