Dispensasi Nikah di Kukar Meningkat

Dispensasi Nikah di Kukar Meningkat

Humas Pengadilan Agama Tenggarong Reny Hidayati
Humas Pengadilan Agama Tenggarong Reny Hidayati
Photo: ist

KutaiRaya.com - 23/06/2016 23:06 WITA
Momen Bulan Ramadhan 1437 H ternyata tidak membuat surut keinginan warga Kukar yang ingin mengakhiri bahtera rumah tangganya, sedangkan pihak Pengadilan Agama Tenggarong juga tidak mampu menolak pendaftaran perceraian lantaran tidak ingin menunda pekerjaan.

Humas Pengadilan Agama Kelas I B Tenggarong Reny Hidayati mengatakan, pada bulan puasa ini sidang tetap berjalan meskipun tidak sebanyak di luar bulan puasa, .

" Hal ini tidak bisa ditunda karena jumlah perkara yang didaftarkan tidak mengalami penurunan, " ungkapnya.

Reny menjelaskan, mulai Januari 2016 hingga saat ini jumlah warga yang mendaftar sidang cerai per bulan rata-rata mencapai seratus orang, sedangkan selama Ramadhan tahun ini, jumlah permohonan cerai sudah mencapai 50 orang.

Reny menyebutkan, salah satu faktor meningkatnya perceraian di Kukar salah satunya perkara Dispensasi Nikah di kukar tahun ini semakin bertambah, bahkan bila di rata-ratakan setiap minggu ada satu pemohon dispensasi nikah di Kukar.

"Ini menjadi perhatian serius, karena bila kita kabulkan dispensasi nikah, kebanyakan di tahun depan pasangan termasuk akan mengajukan cerai, selain karena masih muda, perceraian ini juga diakibatkan faktor ekonomi, " jelasnya.

Dari data Pengadilan Agama kelas I B Tenggarong, selama 2015 kasus perceraian sebanyak 1.239, sedangkan pada tahun 2016 hingga saat ini jumlah kasus perceraian mencapai 585 kasus. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved