H-7 Perusahaan Wajib Bayar THR ke Karyawan

H-7 Perusahaan Wajib Bayar THR ke Karyawan

Salehudin
Salehudin
Photo: ist

KutaiRaya.com - 21/06/2016 22:13 WITA
Ketua DPRD mengimbau perusahaan di Kutai Kartanegara untuk membayar THR (Tunjangan Hari Raya) ke karyawan, minimal H - 7.

"Wajib perusahaan untuk membayar THR ke karyawan minimal H-7 atau tanggal 30 Juni mendatang," kata Salehudin, belum lama ini di sela-sela buka bersama MKS di Hotel Lesong Batu Tenggarong.


Kewajiban untuk membayar THR oleh perusahaan menurut Salehudin, merupakan amanah permenakertrans nomor 6 tahun 2016, tidak ada terkecuali.


Selanjutnya politisi Golkar ini menjelaskan bahwa bagi perusahaan yang tidak menjalankan kewajiban sebagaimana permenakertrans akan dikenakan denda 5 % tanpa mengurangi kewajiban membayar THR.

"Setiap karyawan atau buruh minimal kerja 1 bulan berhak mendapat THR. Mengenai besarannya itu berbeda-beda sesuai dengan gaji pokok dan perhitungan yang proporsional. Semuanya sudah diatur dalam permenakertrans 6 tahun 2016," ungkapnya.


Ketika didesak siapa yang akan mengawasi perusahaan agar menjalankan kewajibannya, Salehuddin yang juga dipercaya sebagai Ketua Askab PSSI Kukar ini menjelaskan bahwa leading sektor pengawasan ada di Disnakertrans, .


"Tetapi jika ada perusahaan yang tidak mau bayar THR bisa laporkan ke DPRD," ujar Salehudin. (boy)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved