Daftar Tunggu Calhaj Sampai 18 Tahun

Daftar Tunggu Calhaj Sampai 18 Tahun

H Mukhtar (Kasi Penyelenggaraan Haji)H Mukhtar (Kasi Penyelenggaraan Haji)
Photo: ist


KutaiRaya.com - 10/06/2016 21:38 WITA
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H Mukhtar, mengatakan saat ini, Calon Haji (calhaj) yang terdaftar di Kemenag Kukar sudah mencapai 8.500 orang.

Sementara, kuota Kukar untuk sekali musim penyelenggaraan haji sebanyak 400 orang. Dengan begitu, dipastikan jumlah daftar tunggu tersebut baru tuntas hingga tahun 2034, .

"artinya, waiting list (daftar tunggu) calhaj di Kukar sudah terisi penuh hingga 18 tahun ke depan" kata Mukhtar Kamis (6/6) diruang kerjanya kemarin.

Mukhtar juga menyampaikan proses pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dilakukan di Bank sebesar 25 juta rupiah guna mendapat porsi daftar tunggu yang akan dikeluarkan oleh Kemenag, untuk pelunasan dapat dilakukan bertahap

"Alhamdulillah sudah ada sekitar 355 orang calhaj melakukan pelunasan berarti sudah cukup untuk satu kloter" tegasnya.

Daftar tunggu bisa saja berubah ditiap tahunnya dikarena adanya kendala dari calhaj seperti sakit, menunda ataupun meninggal dunia, bagi calhaj yang belum bisa melakukan pelunasan pada saat porsi antrian keluar calhaj dapat menunda,namun penundaan hanya berlaku 2 tahun bagi calhaj yang telah melakukan pelunasan, bagi yang telah pernah melakukan ibadah haji maka kuota sisa digelombang ke 2 yang dapat calhaj ikuti.

Kuota 400 dari kemenag ini sendiri bersifat reguler atau diluar jumalah kuota calhaj plus. Saat ini proses administrasi haji plus dapat dilakukan langsung di wilayah daerah masing - masing, tidak perlu lagi ke Jakarta/pusat seperti tahun - tahun sebelumnya .

"Tinggal menunggu waktu yang tepat sesuai kesepakatan untuk melakukan sosialisasi mengenai haji plus" jelas Mukhtar.

Persiapan calhaj sendiri meliputi banyak hal seperti tahapan pelunasan, dokumen paspor, surat kesehatan, manasik, pembagian kloter,hingga keselamatan penerbangan dan lainnya,.

"Untuk pembuatan paspor dikoordinir oleh kami, tetapi untuk sementara dibayar dulu oleh calhaj sebesar Rp 360.000, nanti pada saat keberangkatan akan diganti,"pungkasnya. (kr2)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved