Awal Puasa Persediaan Darah Golongan AB Hanya Tersedia 2 Kantong

Awal Puasa Persediaan Darah Golongan AB Hanya Tersedia 2 Kantong

Warga mengurus permintaan administrasi darah
Warga mengurus permintaan administrasi darah
Photo: ist

KutaiRaya.com - 10/06/2016 21:24 WITA
Petugas Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kukar Mayang memastikan, stok golongan darah AB di awal Ramadhan ini hanya tersedia 2 kantong saja.


Sedangkan, untuk golongan darah lainnya sampai saat ini masih mencukupi. Mayang menjelaskan, untuk stok darah di PMI Kukar tersisa 23 kantong jenis golongan darah A, kemudian golongan darah B dan O masing-masing masih ada 64 kantong, dan golongan darah AB hanya tersisa 2 kantong saja.


"Dilihat dari data stok darah yang ada ini, kami perkirakan hanya mampu bertahan sampai 2 minggu,"ujarnya.


Mayang mengatakan, di awal Ramadhan ini juga pendonor sukarela berkurang, dalam 4 hari pelaksanaan Ramadhan, baru ada delapan pendonor sukarela yang datang ke PMI.


"Kami menganjurkan pendonor muslim bisa mendonorkan darahnya ke PMI usai berbuka. Tapi jika kondisi fisik mereka tak ada masalah setelah sahur, silahkan datang ke PMI," katanya.


Sementara itu selama Ramadhan lanjutnya, permintaan darah lebih banyak dari hari-hari sebelumnya, "kalau hari-hari biasa permintaan darah hanya 10 sampai 20 kantong, tetapi selama awal puasa ini permintaan hampir 30 kantong per hari dan yang paling banyak permintaan darah golongan B dan O, "tuturnya. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved