Pemkab Kukar Canangkan Program Gerakan Etam Mengaji

Pemkab Kukar Canangkan Program Gerakan Etam Mengaji

Edi Damansyah
Edi Damansyah
Photo: ist

KutaiRaya.com - 08/04/2016 22:15 WITA
Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengatakan, Pemkab Kukar tahun ini akan mencanangkan program Gerakan Etam Mengaji, yang rencananya akan diresmikan pada saat pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 38 tingkat Provinsi Kaltim yang berlangsung di Tenggarong pada Mei 2016 mendatang.

Menurut Daman sapaan akrabnya, Gerakan Etam Mengaji ini harus dilaksanakan, mengingat Desa di Kukar dalam Alokasi Dana Desa (ADD) sudah memfasilitasi setiap guru ngaji.

"Untuk itu kedepan kami berharap gerakan ini bisa terwujud dan bermasyarakat, " tuturnya.

Sebab dari hasil survey lanjutnya, saat ini budaya mengaji di Kukar sudah hampir hilang, saat ini banyak warga yang lebih senang memilih menonton TV ataupun membuka IT ketimbang mengaji, "Kalau dulu belum ada TV dan elektronik lainnya banyak warga khususnya di desa yang gemar mengaji, tapi sekarang lebih banyak nonton TV dan main HP, " terangnya.

Edi Damansyah menjelaskan, Gerakan Etam Mengaji ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat terutama orang tua, agar menyediakan waktu bagi anaknya dan mengajari mereka mengaji, atau mendaftarkan anaknya untuk belajar mengaji di Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) terdekat.

Edi damansyah menambahkan, program mengaji ini bukan hanya di peruntukkan bagi warga Kukar yang Muslim saja, tetapi juga bagi yang non Muslim semua akan di akomodir, yakni pengajian itu dirancang sesuai Aqidah dan keyakinan serta tata cara Agama masing-masing, agar kedepan kehidupan Warga Kukar dapat lebih damai, tentram dan agamis tanpa ada gejolak di masyarakat. (one)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved