• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Edi Damansyah Wakil Bupati Kutai Kartanegara yang merupakan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Kamis (10/3) kemarin membuka kegiatan kursus pamong dan intsruktur, di Aula Pertemuan MUI Kukar.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 6 peserta dari Satuan Karya (Saka) yang berada di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Edi Damansyah mengingatkan kepada Satuan Perangkat Daerah (SKPD) yang membawahi Saka gerakan pramuka untuk segera membentuk, mengukuhkan serta melibatkan Sakanya dalam berbagai kegiatan yang ada di SKPD tersebut.

"Dari 11 Saka yang berada di gerakan pramuka, baru 6 saka yang terbentuk dan aktif di bawah Kwarcab gerakan pramuka Kukar ini. Saya berharap melalui kursus ini, SKPD-SKPD yang sudah membentuk saka untuk segera lebih aktif karena kursus ini merupakan bagian dari komitmen kita bersama untuk meningkatkan pembangunan pramuka di Kutai Kartanegara," ungkap Edi Damansyah.

Menurut Edi Damansyah, kegiatan kursus seperti ini sangat langka.

"kita belajar dengan Polri dan TNI, dimana ada Saka Bhayangkara di Polri dan Saka Wirakartika di TNI. Disana sangat aktif karena Polri dan TNI sangat memahami betapa pentingnya peran serta dari saka tersebut dan betapa pentingnya pembinaan pramuka itu berada di satuan mereka,"ucapnya.

Sementara itu ketua panita, Mariswati, mengungkapkan jika kegiatan ini bisa dijadikan sarana proses pendidikan bagi peserta didik dan pelatih bagi anggota dewasa yang teratur, berkesinambungan, dan berjenjang untuk meningkatkan kinerja anggota pramuka.

"Kegiatan ini sebagai sarana pembekalan dan pemberdayaan anggota gerakan pramuka dalam berbagai pelatihan bagi orang dewasa," ujarnya. (boy)

Pasang Iklan
Top