• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Meskipun intensitas Gerhana Matahari Total di Kukar 97 %, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar tetap akan melakukan pengamatan gerhana matahari tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar Sri Wahyuni mengatakan, pihaknya bersama Komunitas Pecinta Astronomi (Kompas) Kukar, akan melakukan pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di halaman Planetarium Jagad Raya Tenggarong, Rabu (9/3/2016) kegiatan pengamatan ini akan dimulai pukul 08.00 wita.

"Kukar intensitas gerhana 97 % saja, dipastikan suasananya seperti menjelang maghrib, tapi kita tetap akan melakukan pengamatan gerhana bersama kompas, " ujarnya.

Sri menjelaskan, pengamatan GMT tersebut akan dilakukan dengan menggunakan peralatan teleskop yang ada di Planetarium, kemudian hasil pengamatan teleskop itu lanjutnya, akan terhubung dengan layar infokus di dalam gedung Planetarium, sehingga pengnujung bisa menyaksikan fase-fase GMT di dalam ruangan.


Sri menambahkan, selain pengamatan pihaknya rencananya juga akan melakukan sholat gerhana yang juga dilaksanakan di Planetarium Jagad Raya, .

"setiap pengunjung juga bisa mendapatkan kenang-kenangan atau berupa gantungan kunci edisi khusus GMT 9 maret 2016 dengan harga yang sangat terjangkau, "pungkasnya. (zaf)

Pasang Iklan
Top