Dinas Pertanian Kukar Telah Salurkan 126 Hand Traktor

Dinas Pertanian Kukar Telah Salurkan 126 Hand Traktor

M Taufik
M Taufik
Photo: ist

KutaiRaya.com - 25/02/2016 20:49 WITA
Selama tahun 2015, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura sudah menyalurkan sebanyak 126 unit alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand traktor, baik kepada kelompok tani maupun gabungan kelompok tani (Gapoktan) di 14 Kecamatan yang merupakan sentra padi di Kukar.

Hal ini diungkapkan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kukar, Muhammad Taufik kepada media ini. Kamis (25/2/2016) pagi.

Menurut Taufik, ke 14 Kecamatan yang merupakan sentra padi di Kukar yakni Kecamatan Marangkayu, Muara Badak, Anggana, Muara Jawa, Samboja, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, Kota Bangun, Muara Wis dan Muara Muntai,.

"Dari 126 unit bantuan alsintan, yang 123 merupakan hand traktor dan 3 unit hand traktor rotary, "ungkapnya.

Selain pemberian hand traktor lanjutnya, pihaknya juga menyalurkan mesin panen padi multiguna.

"Mesin panen ini sangat efektif dan baru tahun ini disalurkan ke Kukar, penggunaannya tergantung kondisi tanah sawah, kalau tanahnya terlalu becek mesin ini juga tidak bisa digunakan, " tuturnya.

Taufik mengatakan, bantuan alsintan ini terdiri dari APBN, tetapi ada juga dari APBD Kaltim maupun APBD Kukar.

"Untuk bantuan dari APBN paling banyak yakni pompa air untuk irigasi,
Tahun 2016 ini, Kementerian Pertanian akan membantu lewat APBN untuk pengadaan 17 alsintan buat kelompok tani di Kukar, yakni mesin untuk panen. "Bantuan ini tentu sangat bermanfaat di tengah kondisi Kukar yang mengalami defisit anggaran," pungkasnya. (zaf)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved