RPJMD Optimalkan Pendekatan Pembangunan Berbasis Wilayah

RPJMD Optimalkan Pendekatan Pembangunan Berbasis Wilayah

Totok Heru Subroto
Totok Heru Subroto
Photo: ist

KutaiRaya.com - 12/01/2016 20:48 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah melakukan terobosan dengan mengekpose RPJMD tahun 2016, dimana orientasinya lebih mengoptimalkan Pendekatan Pembangunan Berbasis Wilayah di 18 Kecamatan.

Hal itu sebagaimana dikemukakan Kepala Bappeda Kukar, Totok Heru Subroto dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Pendekatan Pembangunan Berbasis Wilayah, intinya mengarahkan proyeksi pembangunan sesuai dengan potensi wilayah yang ada di 18 Kecamatan," ujar Totok Heru Subroto.

Dalam menunjang pemberlakukan program tersebut, disampaikan Totok Heru Subroto perlu melibatkan lembaga, dalam hal ini semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Yakni, SKPD yang ada perlu membentuk UPTD-UPTD di semua Kecamatan. Sehingga perannya akan lebih mengarah serta lebih fokus dalam menyelenggarakan program pembangunan berkelanjutan.


"SKPD-SKPD memang perlu membetuk UPTD-UPTD di setiap Kecamatan. Hal ini tentunya akan mengeplorasi semua potensi yang dimiliki oleh semua Kecamatan yang ada. Baik untuk wilayah Hulu, Tengah dan Pesisir," ungkapnya.


Dalam kegiatan ekspose yang dilakukan oleh Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara, turut dilibarkan sejumlah pembicara diantaranya dari UGM, Bappenas serta Kemendagri. (khan)

 
 
Copyright © 2015 KutaiRaya.com. All rights reserved